Just another WordPress.com site

PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN

Semua orang yakin bahwa guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal.

Minat, bakat, kemampuan, dan potensi-potensi yang dimiliki oleh peserta didik tidak akan berkembang secara optimal tanpa bantuan guru.  Untuk memahami hal tersebut diatas  maka guru sebaiknya memposisikan diri :

  1. Orang tua yang penuh kasih sayang pada peserta didiknya
  2. Teman, tempat mengadu, dan mengutarakan perasaan bagi para peserta didik
  3. Fasilitator yang selalu memberi kemudahan, dan melayani peseerta didik sesuai minat, kemempuan dan bakatnya.
  4. Memberikan sumbangan pemikiran kepada orang tua untuk dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi anak dan memberikan saran pemecahannya.
  5. Memupuk rasa percaya diri, berani dan bertanggung jawab.
  6. Membiasakan peserta didik untuk saling berhubungan dengan orang lain secara wajar.
  7. Mengembangkan proses sosialisasi yang wajar antar peserta didik, orang lain, dan lingkungannya.
  8. Mengembangkan kreativitas
  9. Menjadi pembantu ketika diperlukan.
  10. GURU SEBAGAI PENDIDIK

Guru adalah pendidik, yang menjadi tokoh, panutan, dan identifikasi bagi para peserta didik, dan lingkungannya.Oleh karena itu guru harus memiliki standar kualitas pribadi tertentu, yang mencakup tanggung jawab, wibawa, mandiri dan disiplin.

Berkaitan dengan tanggung jawab; guru harus mengetahui, serta memahami nilai, norma moral, dan sosial, serta berusaha berperilaku dan berbuat sesuai dengan nilai dan norma tersebut.

Berkenaan dengan wibawa; guru harus memiliki kelebihan dalam merealisasikan nilai spiritual, emosional, moral, sosial, dan intelektual dalam pribadinya, serta berusaha berperilaku dan berbuat sesuai dengan nilai dan norma tsb.

  1. GURU SEBAGAI PENGAJAR

Guru membantupeserta didik yang sedang berkembang untuk mempelajari sesuatu yang belum diketahuinya, membentuk kompetensi, dan memahami materi standar yang dipelajari.kegiatan belajar peserta didik dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti motivasi, kematangan, hubungan peserta didik dengan guru, kemampuan verbal, tingkat kebebasan, rasa aman, dan keterampilan guru dalam berkomunikasi. Untuk itu, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan guru dalam pembelajaran, sebagai berikut :

  1. Membuat ilustrasi : menghubungkan sesuatu yang sedang dipelajari dengan sesuatu yang telah diketahuinya.
  2. Mendefinisikan :
  3. Menganalisis
  4. Mensintesis
  5. Bertanya
  6. Merespon
  7. Mendengarkan
  8. Menciptakan kepercayaan
  9. Memberikan pandangan yang bervariasi
  10. Menyediakan media untuk mengkaji materi standar
  11. Menyesuaikan metode pembelajaran
  12. Memberikan nada perasaan ; membuat pembelajaran lebih bermakna, dan hidup melalui antusias dan semangat
  1. GURU SEBAGAI PEMBIMBING

Guru dapat diibaratkan sebagai pembimbing perjalanan (journey) yang berdasarkan pengetahuannya dan pengalamannya bertanggungjawab atas kelancaran perjalanan itu. Guru memerlukan kompetensi yang tinggi untuk melaksanakan empat hal berikut :

Pertama, guru harus merencanakan tujuan dan mengidentifikasi kompetensi yang hendak dicapai. Tugas guru adalah menetapkan apa yang telah dimiliki oleh peserta didik sehubungan dengan latar belakang dan kemampuannya,  serta kompetensi apa yang mereka perlukan untuk dipelajari dalam mencapai tujuan.

Kedua, guru harus melihat keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, tidak hanya secara jasmaniah tetapi terlibat secara psikologis. Peserta didik harus dibimbing untuk mendapatkan pengalaman, dan membentuk kompetensi yang akan mengantar mereka mencapai tujuan.

Ketiga, guru harus melaksanakan penilaian. Dalam penilaian dapat menjawab hal-hal berikut :

ü Bagaimana keadaan peserta didik dalam pembelajaran?

ü Bagaimana peserta didik membentuk kompetensi?

ü Bagaimana peserta didik mencapai tujuan?

ü Jika berhasil, mengapa, jika tidak berhasil mengapa?

ü Apa yang bisa dilakukan di mas mendatang agar pembelajaran menjadi sebuah perjalanan yang lebih baik?

ü Apakah peserta didik dilibatkan dalam menilai kemajuan dan keberhasilannya sehingga mereka dapat mengarahkan dirinya (self-directing).

  1. GURU SEBAGAI PELATIH
  2. GURU SEBAGAI PENASEHAT

Guru adalah seorang penasehat bagi peserta didik,bahkan bagi orang tua, meskipun mereka tidak memiliki latihan khusus sebagai penasehat dan dalam beberapa hal tidak dapat berharap bahwa menasehati orang lain.

Agar guru dapat menyadari perannya sebagi orang kepercayaan, dan penasehat secara lebih mendalam, ia harus memahami psikologi kepribadian dan ilmu kesehatan mental. Pendekatan psikologis dan kesehatan mental akan banyak menolong guru dalam menjalankan fungsinya sebagai penasehat.

  1. GURU SEBAGAI PEMBAHARU (INNOVATOR)
  2. GURU SEBAGAI MODEL DAN TELADAN

Guru merupakan model atau teladan bagi para peserta didik dan semua orang yang menganggap dia sebagai guru. Sebagai teladan , ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian :

  1. Sikap dasar: postur psikologis yang akan nampak dalam masalah-maslah penting, seperti keberhasilan, kegagalan, pembelajaran, kebenaran, hubungan antar manusia,agama, pekerjaan, permainan diri.
  2. Bicara dan gaya bicara : penggunaan bahasa sebagai alat pikir
  3. Kebiasaan bekerja : gaya yang dipakai oleh seseorang dalam bekerja yang ikut mewarnai kehidupannya.
  4. Sikap melalui pengalaman dan kesalahan
  5. Pakaian : merupakan perlengkapan pribadi yang amat penting dan menampakkan ekspresi seluruh kepribadian.
  6. Hubungan kemanusiaan : diwujudkan dalam semua pergaulan manusia, intelektual, moral, terutama bagaimana berperilaku.
  7. Proses berpikir
  8. Perilaku neurotis : suatu pertahanan untuk melindungi diri dan bisa juga untuk menyakiti orang lain.
  9. Selera : pilihan yang secara jelas merefleksikan nilai2 yang dimiliki oleh pribadi yang bersangkutan
  10. Keputusan : keterampilan rasional dan intuitif yang dipergunakan untuk menilai setiap situasi.
  11. Kesehatan :
  12. Gaya hidup secara umum

Guru yang baik adalah yang menyadari kesenjangan antara apa yang diinginkan dengan apa yang ada pada dirinya, kemudian ia menyadari kesalahan ketika memang bersalah. Kesalaha perlu diikuti dengan sikap merasa dan berusaha untuk tidak mengulanginya.

  1. GURU SEBAGAI PRIBADI

Ujian berat bagi guru dalam hal kepribadian ini adalah rangsangan yang memancing emosinya. Kestabilan emosi amat diperlukan, namun tidak semua orang mampu menahan emosi terhadap rangsangan yang menyinggung perasaan, dan memang diakui bahwa tiap orang mempunyai temperamen yang berbeda dengan orang lain. Untuk keperluan tersebut upaya pelatihan mental akan sangat membantu.

Kematangan emosi guru akan berkembang sejalan dengan pengalaman kerja, selama dia mau memanfaatkan pengalamannya. Jadi tidak sekedar jumlah umur atau masa kerjanya saja yang bertambah, melainkan bertambahnya kemampuan memecahkan masalah atas dasar pengalaman masa lalu.

  1. GURU SEBAGAI PEKERJA RUTIN

Terdapat 17 kegiatan rutin yang dilakukan oleh guru antara lain :

  1. Bekerja tepat waktu baik di awal maupun akhir pembelajaran.
  2. Membuat catatan dan laporan sesuai dengan atandar kinerja, ketepatan dan jadwal waktu
  3. Membaca,  mengevaluasi dan mengembalikan hasil kerja peserta didik
  4. Mengatur  kehadiran peserta didik dengan penuh tanggung jawab
  5. Mengatur jadwal, kegiatan harian, mingguan, semesteran dan tahunan
  6. Mengembangkan peraturan dan prosedur kegiatan kelompok, termasuk diskusi
  7. Menetapkan jadwal kerja peserta didik
  8. Mengadakan pertemuan dengan orang tua dan dengan peserta didik
  9. Mengatur tempat duduk peserta didik
  10. Mencatat kehadiran peserta didik
  11. Memahami peserta didik
  12. Menyiapkan bahan-bahan pembelajaran, kepustakaan, dan media pembelajaran
  13. Menghadiri pertemuan dengan guru, orang tua peserta didik dan alumni
  14. Menciptkan iklim kelas yang kondusif
  15. Melaksanakan latihan-latihan pembelajaran
  16. Merencanakan program khusus dalam pembelajaran, misalnya karyawisata
  17. Menasehati peserta didik.

Iklim belajar menentukan situasi pembelajaran yang produktif dan kreatif.

  1. GURU ADALAH PEMINDAH KEMAH

Hidup ini selalu berubah, dan guru adalah seorang pemindah kemah, yang suka memindah-mindahkan, dan membantu peserta didik meninggalkan hal lam menuju sesuatu yang baru yang bisa mereka alami.

Kepribadian terbentuk melalui cara-cara :

  1. Perilaku yang bersangkutan dalam merespon lingkungan hidup untuk memenuhi kebutuhannya
  2. Secara berangsur-angsur/sekaligus, baik kebutuhan maupun lingkungan berubah
  3. Respon2 terdahulu dikembangkan agar menjadi lebih efektif, tetapi sering berubah menjadi kurang efektif dan bahkan membahayakan
  4. Kepribadian senantiasa mewujudkan semua cara yang telah digunakan di masa yang lampau
  5. Semua pola perilaku tetap bekerja untuk menemukan kebutuhan dan tuntutan2
  6. Di bawah semua tekanan , kepribadain berkembang menjadi gaya hidup, suatu cara menghadapi masalah kehidupan termasuk dirinya sendiri
  7. Gaya hidup ini cenderung mengkristal dari waktu ke waktu, dan oleh karenanya kepribadian menjdai lebih kaku atau tidak luwes.

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh guru untuk memelihara pertumbuhan kepribadian :

  1. Menjadi orang yang siap dengan pengertian, seperti konflik antara keinginan untuk tetap dan untuk berubah, serta menyadari dan tidak menyadari.
  2. Berusaha keras untuk memberikan pengalaman yang luas, sehingga memungkinkan peserta didik menilai keberadaannya sehubungan dengan pengalamannya.
  3. Guru sebagai swinger, yang berpindah dari satu posisi ke posisi yang lain, khususnya dalam ide.

Comments on: "PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN" (1)

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: